PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN OUTDOOR
EDUCATION PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS KOMPETENSIDI SEKOLAH DASAR
ABSTRAK
Salah satu masalah pendidikan yang dihadapi dewasa ini khususnya dalam
pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar adalah rendahnya kualitas
pembelajaran baik dilihat dari aspek proses pembelajaran maupun dari hasil
penguasaan materi pelajaran siswa. Dalam aspek proses, kelemahan terletak pada
kegiatan pembelajaran yang kurang mengembangkan keterampilan dasar siswa,
sedangkan dilihat dari hasil pembelajaran, prestasi belajar siswa dalam penguasaan
materi pembelajaran Penjas masih belum memuaskan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran
outdoor education Penjas yang berbasis kompetensi untuk jenjang Sekolah Dasar
sebagai salah satu alternatif pembelajaran Penjas yang efektif. Di samping ingin
mengetahui keunggulan dan kelemahan model pembelajaran Penjas yang selama ini
digunakan guru di SD.
Pendekatan penelitian yang digunakan ini adalah penelitian dan
pengembangan dengan diawali studi pendahuluan melalui kegiatan pra survey,
yang dilakukan di Sekolah Dasar kelas 6 menghasilkan desain model perencanaan,
implementasi dan evaluasi dalam pembelajaran Penjas.
Berdasarkan analisis hasil penelitian ternyata Model Pembelajaran
Outdoor Education Penjas memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar
siswa dan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan penguasaan
materi pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, direkomendasikan kepada guru
Penjas, Kepala Sekolah, Dinas Pendidikan, dan LPTK/PGSD untuk mendiskusikan
dan menyebarluaskan model pembelajaran Outdoor Education berbasis kompetensi
melalui penataran dan pelatihan secara berkala.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar